Notification

×

Iklan

Iklan

Pansel Umumkan 20 Calon Pimpinan KPK Lulus Profile Assessment, Ada Eks Komisioner KPU RI

11 Sep 2024 | 16:21 WIB Last Updated 2024-09-11T09:21:47Z
 



GREENBERITA.com- Seleksi Pimpinan KPK RI telah selesai memasuki tahap seleksi profile assessment bagi calon pimpinan dan calon anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK. 

Panitia seleksi (pansel) menyatakan 20 orang lolos profile assessment calon pimpinan KPK, dan 20 lainnya lolos sebagai Dewas.

"Yang dinyatakan lulus masing-masing untuk capim 20 orang, dan Dewas ada 20 calonnya," kata Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh di gedung Setneg, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2024).

Dari hasil seleksi tertulis tersebut, ada mantan Komisioner KPU RI yang lulus yaitu Ida Budhiati. Dirinya menjabat sebagai Anggota KPU RI pada periode 2012-2017.

Sedangkan 2 Eks Kapolda Sumatera Utara, Komjen Agung Setya Imam Effendi dan Komjen RZ Panca Putra Simanjuntak yang saat ini menjabat Sestama Lemhannas dinyatakan gagal oleh panitia seleksi KPK RI.

Salah satu calon pimpinan KPK petahana, Nurul Ghufron, gagal lolos profile assessment. Ghufron baru dijatuhi sanksi sedang atas pelanggaran etik yang dilakukannya.

Selain itu, mantan Menteri ESDM Sudirman Said tidak lolos profile assessment.

Sementara itu, calon pimpinan KPK petahana Johanis Tanak dinyatakan lolos. Anggota DPR RI yang juga mantan Plt Pimpinan KPK Johan Budi Pribowo juga lolos.

Adapun Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Irjen Kementan Komjen Setyo Budiyanto, anggota Kompolnas Poengky Indarti, hingga Kapuspenkum Kejagung Harli Siregar juga lolos.

Berikut ini daftar 20 nama calon Pimpinan KPK yang lolos profile assessment yang disusun berdasarkan abjad:

Agus Joko Pramono
Ahmad Alamsyah Saragih
Didik Agung Widjanarko
Djoko Poerwanto
Fitroh Rohcahyanto
Harli Siregar
I Nyoman Wara
Ibnu Basuki Widodo
Ida Budhiati
Johan Budi Sapto Pribowo
Johanis Tanak
Michael Rolandi Cesnanta Brata
Muhammad Yusuf
Pahala Nainggolan
Poengky Indarti
Sang Made Mahendrajaya
Setyo Budiyanto
Sugeng Purnomo
Wawan Wardiana
Yanuar Nugroho.

(Gb-Ferndt01)