Notification

×

Iklan

Iklan

Martua Sitanggang Perintahkan Dinas PUPR Kerahkan Alat Berat Bantu Korban Banjir Bandang Martoba

30 Sep 2024 | 19:07 WIB Last Updated 2024-09-30T12:10:59Z

Plt Bupati Samosir Martua Sitanggang 

GREENBERITA.com- Menyikapi korban bencana banjir bandang yang terjadi di Desa Martoba, Kecamatan Simanindo pada Jumat malam (27/9) lalu, Plt Bupati Samosir Martua Sitanggang langsung mengerahkan alat berat untuk membantu warga korban bencana banjir bandang.

Selain membantu warga korban bencana, Martua Sitanggang juga memerintahkan Dinas PUPR untuk melancarkan lalulintas yang tergenang Banjir Bandang Lumpur di jalan raya tersebut.


"Sebagai pejabat Plt Bupati Samosir yang berwenang saat ini, saya telah memerintahkan Dinas PUPR untuk segera mengerahkan alat berat membantu warga korban bencana atas lumpur yang menggenangi rumah warga korban sekaligus melakukan pembersihan jalan raya yang saat itu tergenang lumpur," ujar Martua Sitanggang ketika dikonfirmasi greenberita pada Minggu, 30 September 2024.


Dirinya juga memerintahkan dinas terkait untuk melakukan identifikasi terhadap jumlah rumah yang terkena bencana serta melakukan penghitungan kerugian masyarakat atas harta bendanya.


"Saya juga meminta dinas terkait untuk segera menghitung kerugian masyarakat yang terdampak bencana tersebut untuk segera melaporkan kepada saya," jelas Martua Sitanggang.


Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Samosir Sarimpol Manihuruk mengatakan ada 5 rumah tangga yang mengalami bencana banjir bandang tersebut.


"Rumah Usian Sidabutar alami rusak berat. Rumah Viktor Sidabutar, Kelman Silalahi, Anggiat Sidabutar, dan Hotman Sidabutar alami kerusakan ringan," terangnya.


Selain rumah warga,  lahan pertanian yang mengalami kerusakan sekitar 5 hektar sertapipanisasi bumdes sepanjang 1 kilometer.


Ia jelaskan, sejumlah upaya yang dilakukan pihak BPBD Samosir, antara lain: melakukan pendataan dan koordinasi dengan TNI polri dan OPD teknis.

(Gb-Ferndt01)