Notification

×

Iklan

Iklan

Toga Pakpahan Deklarasi dan Resmikan Tugu serta Lantik Ketua Umum Mayjend Sumiharjo Pakpahan

12 Agu 2024 | 19:37 WIB Last Updated 2024-08-12T12:46:22Z

Deklarasi dan Pelantikan Ketua Umum Toga Pakpahan Se-dunia 

GREENBERITA.com- Pomparan Toga Pakpahan se-dunia menggelar pesta adat peresmian Tugu Pakpahan di Dusun Hutaraja, Desa Pakpahan Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir pada Sabtu, 10 Agustus 2024.


Dimulai dengan ibadah yang diikuti seluruh Pomparan, acara adat dimulai dengan kegiatan mengambil saring saring Ompung Toga Pakpahan dari Tugu Siraja Sonang sekira 1,5 kilometer dari lokasi tugu yang digapai seluruh pengurus dengan berjalan kaki.


Pesta peresmian Tugu Toga Pakpahan dilanjutkan dengan acara pelantikan Ketua Umum Toga Pakpahan se-dunia Mayjend Doktor Sumiharjo Pakpahan yang merupakan hasil Musyawarah Nasional Toga Pakpahan Dohot Boruna Sedunia di HKBP, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu 3/8/2024 lalu.


Usai pelantikan, Ketua Umum Toga Pakpahan se-dunia Mayjend Sumiharjo Pakpahan juga melakukan deklarasi bersama telah terbentuknya Pengurus Toga Pakpahan se-dunia dan bertekad meningkatkan kualitas sumber daya manusia para keturunan Toga Pakpahan se-dunia.


Pada sambutannya usai dilantik, Mayjend Sumiharjo Pakpahan mengajak semua keturunan Pakpahan yang berada di Indonesia maupun di luar negeri bersatu agar keturunan Raja Pakpahan tetap terjaga kelestarian sampai nenek moyang.


Dirinya bertekad akan mendata keturunan Raja Pakpahan dan mengajak bergabung manjadi satu dan bersama menjadikan Tugu Pakpahan sebagai simbol persatuan dan kesatuan serta tempat berkumpul keturunan Raja Pakpahan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan dunia.


Kegiatan peresmian tersebut juga dilanjutkan dengan pesta adat mangalahat horbo sebagai simbol sukacita para raja-raja keturunan Toga Pakpahan yang telah berhasil bersatu membangun Tugu Pakpahan sebagai tugu yang hidup untuk mempersatukan seluruh keturunan Pakpahan untuk bersama maju membangun bangsa dan negara khususnya kabupaten Samosir.


Simak tayangan lengkap nya di YouTube GreenberitaTv Channel berikut ini,