Notification

×

Iklan

Iklan

Pilkada 2024, Asisten I Pemkab Samosir Buka Bimtek Optimalisasi Peranan Satgas Linmas bersama Satpol PP Provsu

10 Jul 2024 | 17:41 WIB Last Updated 2024-07-10T10:41:17Z
 
Asisten Pemerintahan I, Tunggul Sinaga 

GREENBERITA.com- Dalam upaya memaksimalkan peran dan tugas Satuan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Samosir dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang akan datang, Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Satpol PP Provinsi Sumatera Utara menggelar bimbingan teknis di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (10/7/2024).
 
Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten I Drs. Tunggul Sinaga, M.Si. Hadir pada kesempatan tersebut Kasat Pol PP Sumut diwakili Aripin Keliat, SE, Kasatpol PP Kabupaten Samosir Rudimanto Limbong, Komisioner KPU Samosir Citra Dewi Simbolon, Ketua Bawaslu Samosir Robinson Simarmata, dan peserta anggota Sat Pol PP Samosir, Satlinmas Desa/Kelurahan se-Kabupaten Samosir.

Kasat Pol PP Sumut yang diwakili Aripin Keliat, SE mengatakan bimbingan teknis ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memperkuat kapasitas Satlinmas, yang memiliki peran vital dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan dalam Pilkada Serentak Tahun 2024. 

"Kita harapkan nantinya, Satlinmas lebih siap dan terlatih dalam menjalankan tugas-tugas mereka secara maksimal dalam mensukseskan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Wali Kota yang akan berlangsung pada tahun 2024", kata Aripin.

Bupati Samosir melalui Asisten I Drs. Tunggul Sinaga, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik bimtek optimalisasi akan tugas dan peranan Satlinmas yang digelar oleh Satpol PP Sumatera Utara.

Pemerintah Kabupaten Samosir sudah merekrut Satlinmas untuk seluruh Desa/Kelurahan yang akan diberdayakan sebagai PAM TPS dalam Pilkada serentak yang akan datang. Dan hari ini akan dibekali dengan sejumlah prosedural, mekanisme dan informasi bagaimana menyamakan persepsi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Ini sebagai intisari dari pertemuan kita hari ini. Bagaimana untuk meningkatkan ketrampilan para anggota Satlinmas dilapangan pada saat melakukan pengamanan dalam proses pemungutan suara", kata Tunggul.

Tunggul berharap agar para peserta bimtek mengikuti dengan sungguh-sungguh, dan apabila ada hal-hal yang perlu dipertanyakan supaya disampaikan kepada para narasumber.

Melalui kegiatan ini juga Asisten I mengharapkan sinergi antara Pemerintah Kabupaten, Bawaslu, KPU, dan Satgas Linmas dapat semakin kuat, menciptakan suasana pemilihan yang kondusif dan damai.

Sejumlah narasumber pemateri pada kegiatan ini yakni, Komisioner KPU Samosir Citra Dewi Simbolon, Ketua Bawaslu Samosir Robinson Simarmata, Kasat Pol PP Sumut M. Mahfullah Pratama Daulay, S.STP, M.AP (hadir melalui daring/zoom).

(Gb-Gb-Ribka05)