Notification

×

Iklan

Iklan

Hari Ini Gelar Rakernas di Samosir, PSSAB se-Indonesia Kedepankan Semangat Jabi-jabi Sisangapon

12 Jul 2024 | 11:06 WIB Last Updated 2024-07-12T04:15:00Z

Ketua Umum DPP PSSAB se-Indonesia Sudung Situmorang bersama Freddy Situmorang dan Ketua DPW PSSAB Samosir Ebenezer Situmorang 

GREENBERITA.com- Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) se-Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 12-13 Juli 2024 di Gedung Pertemuan HKBP Bolon, Pangururan, Kabupaten Samosir.

Selain menggelar Rakernas, PSSAB se-Indonesia juga menggelar kegiatan malam hiburan rakyat yang akan dihadiri artis artis ibukota di Parkiran Hotel Dainang Pangururan, Kompleks Water front city Pangururan pada Sabtu malam, 13 Juli 2024.


Hal ini dibenarkan oleh Ketua Panitia Rakernas PSSAB se-Indonesia Erwin Situmorang ketika dikonfirmasi greenberita pada Kamis sore, 11 Juli 2024.


"Benar, Rakernas PSSAB se-Indonesia telah siap kita gelar, dari mulai Jumat dan Sabtu yaitu 12 sampai 13 Juli di Sopo Godang HKBP Bolon Pangururan pada Sabtu malamnya digelar Panggung Hiburan rakyat di parkiran Hotel Dainang Kompleks Water front city Pangururan," ujar Erwin Situmorang.


Sementara itu, Ketua Umum PSSAB se-Indonesia Sudung Situmorang SH, MH menyatakan bahwa rakernas kali ini mengedepankan semangat Jabi-jabi Sisangapon.


"Jabi-jabi Sisangapon merupakan pertanda untuk diingat oleh turunan Ompu Tuan Situmorang. Di Jabi-Jabi Sisangapon ini Ompu Tuan Situmorang mengingatkan lagi agar tona (pesan, red) dan nasehat-nasehat serta hal-hal yang telah disampaikan Ompu Tuan Situmorang untuk dilaksanakan oleh seluruh pomparannya," ujar Sudung Situmorang.


Jabi-Jabi Sisangapon sampai saat ini dapat dijumpai di dalam lokasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Desa Urat Kecamatan Palipi kabupaten Samosir Sumatera Utara. Untuk mengabadikan nama Ompu Tuan Situmorang pada tanggal 5 — 7 Juli 1990 telah dibangun dan diresmikan Tugu Ompu Tuan Situmorang di Urat kecamatan Palipi Kabupaten Samosir Sumatera Utara.


Sementara itu, Keturunan Pomparan Sipitu Ama yang mengabdikan dirinya sebagai Calon Bupati Samosir, Freddy Paulus Situmorang SH MH mengapresiasi dilaksanakan kegiatan Rakernas ini untuk lebih saling mengeratkan tali silaturahmi persatuan diantara seluruh Pomparan Se-dunia.


"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena event ini sangat baik sebagai ajang pertemuan dunia bertemu nya seluruh Pomparan untuk meningkatkan tali silaturahmi Pomparan untuk menggapai cita-cita kedepannya khususnya pada Pilkada Samosir mendatang," ujar Freddy Paulus Situmorang.


Pada Konser Musik Rakyat PSSAB Se-dunia di Halaman Hotel Dainang, Kompleks Water front City Pangururan pada Sabtu, 13 Juli 2024 akan dihadiri artis ibukota Jakarta, Osen Hutasoit, The Boys, Buntaran Situmorang, Jonar Situmorang, Andi Situmorang, Joe Marbun, Sardion Situmorang, Jimmy Simarmata,Jantiar Situmorang dan artis lainnya.


Sejarah Ompu Tuan Situmorang 


Ompu Tuan Situmorang lahir di Sabulan Kabupaten Samosir. Ompu Tuan Situmorang yang populer menurunkan marga Situmorang. Ompu Tuan Situmorang mempunyai dua putra dan hasil perkawinannya (pernikahannya) dengan boru Limbong yaitu:

1. Ompu Panopa Raja

2. Ompu Pangaribuan


Ompu Tuan Situmorang mempunyai pahompu tiga orang yaitu:

1. Anak Ompu Panopa Raja, anaknya 2 (dua) orang yaitu:

a. Ompu Ambolas

b. Parhujobung


2. Ompu Pangaribuan mempunyai anak 1 (satu) orang yaitu aja Babiat


Ompu Tuan Situmorang mempunyai cicit (nini) atau disebut anak mangulahi sebanyak tujuh orang dan cucunya yaitu:


a. Anak Ompu Ambolas 2 (dua) orang yaitu:

1. Raja Pande (Lumban Pande)

2. Raja Nahor (Lumban Nahor)


b. Anak Parhujobung 2 (dua) orang yaitu:

1. Tuan Suhut (Suhut Ni Huta)

2. Tuan Ringo


c. Anak Raja Babiat 3 (tiga) orang yaitu:

1. Sitohang Uruk (Dori Mangambat)

2. Sitohang Tonga-tonga (Raja Itubungna)

3. Sitohang Toruan (Op. Bona Ni Onan)


Cicit (nini) Ompu Tuan Situmorang inilah yang di tabalkan (dijadikan) Ompu Tuan Situmorang menjadi anaknya. Memang menurut adat batak cicit atau nini adalah anak mangulahi. Jadi Ompu Tuan Situmorang tidak salah dan memang benar menjadikan cicitnya itu menjadi anaknya. Dan ketujuh cicit (nini) Ompu Tuan Situmorang inilah yang dinamakan menjadi Situmorang Sipitu Ama yang tetap kita pakai, kita ikuti (warisi) sampai sekarang.


Ompu Tuan Situmorang adalah anak yang pintar, cerdas, pemberani, disayangi ayahandanya Siraja Lontung, karena sesudah lahir Ompu Tuan Situmorang mulailah cerah, terang (Torang), penghidupan dikeluarga Siraja Lontung pada saat itu, mengingat hal tersebut Siraja Lontung memberi nama anaknya Tumorang (Ompu Tuan Situmorang).  (Gb-Ferndt01)


Simak tayangan lengkap di YouTube GreenberitaTv Channel berikut ini,