Notification

×

Iklan

Iklan

Ketika Masyarakat Desa Ronggur Nihuta Minta Perbaikan Jalan Melalui Sirtunisasi, Apa Jawap Bupati Samosir

15 Nov 2023 | 10:23 WIB Last Updated 2023-11-15T03:23:24Z

 

Program Bunga (Bupati Ngantor) di Desa kembali digelar Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dan disambut meriah masyarakat Desa Ronggur Nihuta, Selasa (14/11/2023).

GREENBERITA.com - Program Bunga (Bupati Ngantor) di Desa kembali digelar Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dan disambut meriah masyarakat Desa Ronggur Nihuta, Selasa (14/11/2023).



Antusias masyarakat terlihat saat menyambut kehadiran Bupati Samosir dan rombongan serta memadati pos-pos pelayanan sembari menikmati fasilitas pelayanan gratis yang disiapkan Pemkab Samosir.


Bertemu dengan Bupati Samosir, masyarakat Desa Ronggur Nihuta meminta perhatian peningkatan infrastruktur jalan melalu sirtunisasi ke kampung desa tersebut.


Perwakilan masyarakat, Midian Simbolon meminta Sirtunisasi tiap dusun terutama dalam menjelang Natal dan Tahun Baru.



"Perbaikan jalan antar dusun membutuhkan sirtunisasi, kalau bisa 20 dumtruck untuk satu dusun pak Bupati," pinta masyarakat.



Hal yang sama disampaikan Tokoh Masyarakat, Mangiring Simbolon, disamping alat pertanian dan irigasi, ia menegaskan bahwa saat ini masyarakat sangat membutuhkan alat berat guna perbaikan jalan desa, jalan pertanian, jalan penghubung antar desa dan akses jalan menuju tempat-tempat umum seperti sekolah, rumah ibadah. 


Sebagai Pusat Kecamatan, Kepala Desa Jonner Naibaho meminta tambahan anggaran dan dukungan pembangunan di Ronggur Nihuta dari APBD.



Mendapati permintaan warga tersebut, Bupati Samosir, Vandiko Gultom menyampaikan pembangunan diupayakan merata diseluruh desa dan kelurahan.


"Sehingga setiap permintaan terkait sirtunisasi akan direalisasikan dan dalam waktu dekat dan diminta peran masyarkat bersedia memberikan lahan yang dapat dijadikan sirtu, masalah alat berat akan diarahkan.l," ujar Vandiko Timotius Gultom.


Ditambahkan Kadis PUTR Samosir Rudimanto Limbong bahwa pada tahun 2023, Pembangunan di Desa Ronggur Nihuta terdapat 4 titik pembangunan jalan dan septick tank komunal sebanyak 5 titik dengan total nilai APBD senilai 1,2 M.


Terkait Bunga Desa, Vandiko Gultom mengatakan program ini untuk melihat secara langsung kondisi desa dan masyarakat. 


"Mendengarkan secara langsung keluhan masyarakat dan memberikan solusi. Selain itu, Bunga Desa  untuk  mendekatkan pelayanan sehingga seluruh masyarakat  bisa merasakan kemudahan dan hak yang sama dalam pelayananan," jelas Vandiko Gultom.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir membagikan pupuk organik  kepada seluruh Kelompok tani di Kecamatan Ronggur Nihuta dan dipastikan seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Samosir mendapat bantuan pupuk organik. Bupati Samosir mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan pupuk organik dan mau belajar dan mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik sendiri. 


"Amang dan inang, mari beralih ke pupuk organik,  untuk umur pertanian yang lebih panjang. Mari belajar dan jangan malas" ajaknya.  Kedepan dengan kemampuan masyarakat membuat pupuk organik, Vandiko mengatakan akan membantu pembuatan sertifikasi sehingga dapat dijual dan menambah penghasilan bagi petani.


Dibidang kesehatan, Bupati Samosir tetap mengingatkan masyarakat yang belum tercover  BPJS agar mengurus BPJS gratis bagi yang kurang mampu. Diutarakan, bahwa 99 persen penduduk sudah mendapat BPJS.



Tentang perlindungan Anak, Bupati Samosir mengingatkan masyarakat untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.


 "Tolong jika ada kasus kekerasan perempuan dan anak, dilaporkan ini bukan aib. Kita tunjukkan bahwa kita sebagai daerah yang berbudaya dan peradaban-peradaban suku Batak," katanya. 


Untuk membantu kelompok tani dalam pembuatan pupuk organik, ditekankan kepala desa dapat memfasilitasi melalui APBDes, membantu sarana dan prasarana pembuatan pupuk organik. 


"20 persen APBDes anggaran untuk pertanian, tolong dibantu para kelompok tani. Sebelum ada, Pemkab akan meminjamkan alat pencacah" terang Vandiko. 


Sebagai bentuk perhatian kepada Desa Ronggur Nihuta, Bupati Samosir  memberikan tambahan anggaran 160 juta dari APBD untuk peningkatan jalan Raya Ronggur Nihuta-Jalan HKBP.



"Inilah gunanya Bunga Desa. Bisa memberikan solusi atas keluhan yang diberikan masyarkat",tutupnya 



Turut hadir anggota DPRD Samosir, Saurtua Silalahi, Marco Simbolon, Polma Gurning, Pilipus Pandiangan, Asisten II, Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo, Immanuel Sitanggang, para pimpinan OPD, Camat Ronggur Nihuta Bresma Simbolon, Forkopicam Ronggur Nihuta dan TBPP.



(Gb-rijalDM)