Notification

×

Iklan

Iklan

Jelang Aquabike World Championship, Sampah Masih Berserakan Hampir Seminggu di Pangururan Samosir

14 Nov 2023 | 10:06 WIB Last Updated 2023-11-14T03:06:09Z
Jelang Aquabike World Championship, Sampah tampak bertumpuk tidak dijemput petugas di Pangururan (14/11/2023)



GREENBERITA.com- Menjelang event internasional Aquabike World Championship 2023 yang akan berlangsung di Kawasan Danau Toba termasuk Samosir, Pemerintah Kabupaten terus berbenah diri untuk meningkatkan fasilitas tempat dan juga kebersihan lokasi.


Namun disayangkan, sampah terlihat berserakan disekiraran Kota Pangururan sepanjang garis dekat lokasi pertanian event tersebut.


Menurut Ketua Lembaga Adat Pangururan Manogar Naibaho, sampah tersebut sudah hampir seminggu tidak diambil oleh petugas.


"Benar, sudah hampir seminggu ini tidak dijemput petugas, kami tidak tau kenapa, bahkan sudah mulai berbau," ujarnya.


Manogar Naibaho mengatakan pihaknya bersama warga Keluarga Pasar Pangururan terus berkeliling berbenah menyambut event internasional tersebut sambil melakukan pemungutan sampah disekitar rumah masing masing.


"Namun setelah kami kumpulkan tidak juga di ambil oleh dinas terkait, ini sungguh memalukan kita sebagai tuan rumah, saya sudah hubungi Dinas Lingkungan Hidup tapi belum ada jawapan," tegas Manogar Naibaho.


Ketika dikonfirmasi kepada Kadis Lingkungan Hidup Samosir Edison Pasaribu mengaku telah mendapatkan laporan warga terkait hal tersebut.


"Saya sudah perintah kepala bidang kebersihan untuk langsung mengecek ke lapangan dan mengambil sampah tersebut," ujar Edison Pasaribu.


Pihak nya ragu bila sampah tersebut telah seminggu tidak dijemput petugas karena Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup Samosir setiap hari melakukan pemungutan sampah.


"Tidak mungkin seminggu, karena setiap hari kita jemput sampah di lingkungan warga, tapi kami juga bermohon supaya warga berperan dan berkontribusi bagi yang belum membayarkan iuran sampah untuk dapat membayarkan nya supaya pelayanan itu tidak terganggu," ujar Edison Pasaribu.


Pihaknya mengaku terus melakukan pembersihan disekiraran Kota Pangururan khususnya menjelang event internasional Aquabike World Championship 2023.


"Bahkan sudah lebih dari 2 bulan ini kita terus membersihkan Enceng Gondok dari tengah Danau Toba sehingga tidak menggangu pemandangan serta perlombaan tersebut," pungkas Edison Pasaribu.


(Gb-Ferndt01)