Notification

×

Iklan

Iklan

Buka Rakor Pembangunan, Walikota Siantar: Kejar Target Kinerja Sesuai yang Dijanjikan

6 Nov 2023 | 14:29 WIB Last Updated 2023-11-06T07:29:15Z

 




GREENBERITA.com- Para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar diingatkan harus mengejar target kinerja sesuai dengan yang dijanjikan. Mengingat Tahun Anggaran (TA) 2023 hanya tersisa dua bulan lagi.


Hal itu ditegaskan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya saat menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) TA 2023 di Ruang Serbaguna Kota Pematang Siantar, Kamis (02/11/2023). 


dr Susanti mengatakan rakorbang kali ini merupakan kelanjutan rakorbang yang dilaksanakan 5 Oktober 2023 lalu. Rakorbang saat ini dilakukan sehubungan dengan telah masuknya ke masa penyelenggaraan P-APBD Tahun 2023. 


"Perlu upaya yang serius dan terukur dari seluruh pimpinan OPD untuk memastikan penyerapan anggaran masing-masing," kata dr Susanti. 


Dilanjutkan dr Susanti, setelah pelaksanaan P-APBD Tahun 2023, serapan anggaran per 1 November sebesar 51,8 persen, atau naik 2,6 persen dari sebelum P-APBD Tahun 2023, yaitu sebesar 49,2 persen. 


Capaian ini, sambungnya, masih jauh dari yang diharapkan. Sehingga masih perlu perhatian serius di sisa waktu yang tidak terlalu lama, yaitu dua bulan lagi. 


"Untuk itu saya perintahkan para kepala perangkat daerah agar lebih fokus dan melakukan upaya semaksimal mungkin guna mencapai target kinerja yang telah kita perjanjikan," tukasnya.


dr Susanti meminta komitmen pimpinan OPD untuk mengawal bersama pencapaian target kinerja tahun 2023. 


"Lakukan evaluasi setiap bulan untuk mengidentifikasi segala risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan dan sasaran kinerja masing-masing perangkat daerah, dan segera rumuskan untuk tindak lanjutnya. Selanjutnya tetap lakukan monitoring secara intensif, sehingga out put dan out come yang menjadi tujuan organisasi dapat berbanding lurus dengan realisasi anggaran. Dan yang terpenting lagi, agar bapak/ibu sekalian dapat mengelola anggaran secara akuntabel. Capaian kinerja ini tentunya akan menjadi pertimbangan dalam evaluasi kinerja bagi seluruh perangkat daerah," terang dr Susanti.


dr Susanti juga menekankan kembali agar masing-masing pimpinan perangkat daerah tetap berkomitmen untuk mendukung visi Kota Pematang Siantar menjadi kota yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.


"Tentunya untuk mewujudkan visi-misi tersebut kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Kita harus bersama-sama bersinergi, bekerjasama, saling mendukung, dan saling menguatkan. Sehingga apa yang ingin kita wujudkan di dalam mensejahterakan masyarakat Kota Pematang Siantar dapat tercapai," tukasnya.


Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Pematang Siantar Dedy Idris Harahap STP MSi menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini, yaitu untuk membandingkan realisasi masukan, keluaran, dan hasil terhadap rencana kerja operasional. Sehingga akan diperoleh tingkat kinerja yang optimal bagi para pengguna anggaran dalam melaksanakan kegiatannya dan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan.


"Kemudian, optimalisasi pelaksanaan pembangunan melalui koordinasi pembangunan dengan memperkuat koordinasi melalui monitoring, serta pengendalian dan evaluasi program setiap perangkat daerah," terangnya.


Kegiatan tersebut, katanya, juga merupakan ruang waktu pimpinan untuk memberikan arahan dan bimbingan sebagai bagian proses menajemen sehubungan dengan dinamika pelaksanaan rencana pembangunan Kota Pematang Siantar.


"Sebagai sarana monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pembangunan dan mengingat efektivitas pelaksanaan kerja sampai akhir tahun 2023 tidak sampai dua bulan lagi. Kemudian untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan, baik secara administrasi, keuangan, maupun fisik. Serta mempersiapkan langkah-langkah yang dapat ditempuh menyelesaikan pelaksanaan kegiatan untuk mendapatkan hasil yang optimal di akhir tahun 2023," jelas Dedy.


Tampak hadir, Pj Sekretaris Daerah Mulyono ST MSi, para Asisten dan Staf Ahli, Kabag Administrasi Pembangunan Jupiter Sitepu SSTP, para pimpinan OPD, serta camat se-Kota Pematang Siantar. 


(Gb-Alex03)