Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir Bandang Terpa Sihotang, Bupati Samosir Gerak Cepat Bantu Pengungsi dan Tinjau Lokasi Kejadian

14 Nov 2023 | 10:26 WIB Last Updated 2023-11-14T03:26:03Z
Bupati Samosir Vandiko Gultom kunjungi warga terkena banjir bandang di Sihotang


GREENBEEITA.com- Pasca Kejadian Banjir Bandang di Kenegerian Sihotang yang terjadi sekitar pukul 18.30 Wib,  Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bergerak menuju pengungsian warga di Desa Rianiate, Senin malam (13/11/2023).


Vandiko Gultom tampak mengunjungi langsung pengungsi di Gereja Katolik Pintubatu, dan dua titik disekitaran pelabuhan serta membagikan stok makanan kepada para pengungsi.


Bahkan untuk menjamin ketersediaan makanan dan minuman, Bupati Samosir langsung mendirikan dapur umum dan menyediakan fasilitas kesehatan, dokter dan ambulance untuk evakuasi warga apabila ada yang sakit.


Saat menyapa para pengungsi, Bupati Samosir Vandiko Gultom menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti himbauan pemerintah. 


Dia memohon agar jeluarga maupun masyarakat yang tidak mengungsi untuk mengikuti anjuran pemerintah, mengungsi sementara waktu menghindari banjir susulan. 


"Kita utamakan keselamatan amang, inang,  kami hadir untuk membantu melakukan evakuasi," kata Vandiko. 


Banjir Bandang di Kenegerian Sihotang melanda 4 desa yaitu Siparmahan, Sappur Toba, Dolok Raja dan Hariara Pohan. 


Untuk memastikan keadaan warga yang memilih bertahan dilokasi banjir, Bupati Samosir bersama rombongan dengan menaiki Kapal Penyeberangan terjun langsung ke lokasi dan ditemui masih banyak warga yang bertahan. 


Ketika pengecekan lokasi kejadian, tampak Bupati Samosir menemui langsung warga dan menyerahkan makanan serta memberikan arahan agar tetap berhati-hati dan waspada. 


Hingga Selasa dini hari 14 November pukul 02.30 wib, Bupati Samosir bersama Forkopimda masih melakukan pemantauan dan mengunjungi rumah penduduk, menghimbau jikalau ada kendala sebaiknya tinggal sementara di pengungsian yang di sediakan Pemkab Samosir. 


"Kami hadir di kenegerian Sihotang untuk melihat secara langsung keadaan masyarakat, atas nama Pemkab. Samosir hadir serta  turut prihatin, merasakan hal yang sama dengan masyarakat, kami Wajib turun dan bersama dengan masyarakat, jikalau ada kendala ada baiknya tinggal sementara di tenda yang kita sediakan, karena disana sudah disediakan logistik dan obat-obatan," ucap Vandiko. 


Saat itu juga, Bupati Samosir mengintruksikan BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup untuk segera melakukan identifikasi penyebab banjir dan dugaan akibat penebangan pohon. 


"Saya minta masyarakat agar bersabar menunggu hasil identifikasi, dan tidak menyebarkan isue yang tidak pasti," jelas Vandiko Gultom.


Setelah melakukan peninjauan korban banjir bandang di Kenegerian Sihotang, Vandiko Gultom mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI/POLRI dan Ormas yang sudah turun langsung dan peduli dengan masyarakat. 


"Sudah kewajiban saya  harus hadir ditengah masyarakat, agar masyarakat tenang. Apapun kondisinya saya harus kunjungi," tutup Vandiko Gultom.



Sementara itu, Anggota DPRD Samosir, Saurtua Silalahi mengharapkan agar Pemkab Samosir segera melakukan penanganan dan bantuan terhadap para pengungsi. 


"DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Samosir hadir ditengah masyarakat untuk membantu, sebagai bukti kepedulian" kata Saurtua. 


Turut hadir, Pabung 0210 TU, G. Sebayang, Kasat Intel Polres Samosir, Kapolsek, Kadis Kominfo, Immanuel Sitanggang, Kadis Kesehatan, Dina Hutapea, Kalak BPBD Sarimpol Simanihuruk, Kadis PUTR/Kasatpol PP Rudimantho Limbong, SAB Rudi Siahaan dan Hut Isasar Simbolon, Direktur RSUD Iwan Sihaloho, Camat dan jajaran pemkab lainnya.



(Gb-rijalDM)