Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota DPRD Fraksi PDI-P Pilipus Pandiangan Kembali Hadiri dan Puji Kinerja Bupati Samosir di Ronggur Nihuta

15 Nov 2023 | 10:38 WIB Last Updated 2023-11-15T03:46:03Z

 

Anggota DPRD Samosir Fraksi PDI-P kembali hadir mengapresiasi program Bunga Desa Bupati Samosir Vandiko Gultom, (14/11/2023)

GREENBERITA.com - Setelah hadir dan mengapresiasi program Bunga Desa Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom di Desa Lintong Nihuta, Anggota DPRD Samosir Fraksi PDI-P Pilipus Pandiangan kembali hadir di program Bunga Desa Bupati Samosir di Desa Ronggur Nihuta pada Selasa, 14 November 2023.



Di Desa Ronggur Nihuta, Pilipus Pandiangan kembali mengapresiasi Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom atas keberhasilannya melakukan pembangunan dengan melakukan penyerapan kebutuhan pembangunan dari rakyat langsung melalui program Bunga Desa atau Bupati Ngantor di Desa.



Anggota DPRD Kabupaten Samosir Pilipus Pandiangan yang juga penduduk Desa Ronggur Nihuta mengaku bangga dengan kehadiran Bupati Samosir di desanya. 


"Sebagai legislatif, saya meminta perhatian Pemkab Samosir atas segala usulan yang disampaikan masyarakat, disesuaikan dengan keberadaan anggaran," ujar Pilipus Pandiangan 


Pilipus juga tidak lupa mengajak masyarakat memanfaatkan kehadiran pemerintah untuk menyampaikan aspirasi.


Sebelumnya diberitakan, Anggota DPRD Kabupaten Samosir dari Fraksi PDI-P Pilipus Pandiangan menghadiri langsung kegiatan Bupati Samosir Ngantor di Desa Lintong Nihuta pada Selasa, 14 November 2023.


"Saya sebagai wakil rakyat mengapresiasi kinerja bapak Bupati dalam mendekatkan diri dengan masyarakat. Semoga kinerja bapak semakin sukses kedepan," kata Pilipus Pandiangan ketika itu.


Diketahui dari DCT yang diumumkan KPU Samosir, Pilipus Pandiangan kembali maju sebagai calon legislatif dari Partai PDI-P yang selama ini mengambil sikap oposisi terhadap pemerintahan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom.



Pada program Bunga (Bupati Ngantor) di Desa kembali di Desa Ronggur Nihuta, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom tampak disambut meriah masyarakat Desa Ronggur Nihuta.



Antusias masyarakat terlihat saat menyambut kehadiran Bupati Samosir dan rombongan serta memadati pos-pos pelayanan sembari menikmati fasilitas pelayanan gratis yang disiapkan Pemkab Samosir.


Bertemu dengan Bupati Samosir, masyarakat Desa Ronggur Nihuta meminta perhatian peningkatan infrastruktur jalan melalu sirtunisasi ke kampung desa tersebut.


Perwakilan masyarakat, Midian Simbolon meminta Sirtunisasi tiap dusun terutama dalam menjelang Natal dan Tahun Baru.



"Perbaikan jalan antar dusun membutuhkan sirtunisasi, kalau bisa 20 dumtruck untuk satu dusun pak Bupati," pinta masyarakat.



Hal yang sama disampaikan Tokoh Masyarakat, Mangiring Simbolon, disamping alat pertanian dan irigasi, ia menegaskan bahwa saat ini masyarakat sangat membutuhkan alat berat guna perbaikan jalan desa, jalan pertanian, jalan penghubung antar desa dan akses jalan menuju tempat-tempat umum seperti sekolah, rumah ibadah. 


Sebagai Pusat Kecamatan, Kepala Desa Jonner Naibaho meminta tambahan anggaran dan dukungan pembangunan di Ronggur Nihuta dari APBD.



Mendapati permintaan warga tersebut, Bupati Samosir, Vandiko Gultom menyampaikan pembangunan diupayakan merata diseluruh desa dan kelurahan.


"Sehingga setiap permintaan terkait sirtunisasi akan direalisasikan dan dalam waktu dekat dan diminta peran masyarkat bersedia memberikan lahan yang dapat dijadikan sirtu, masalah alat berat akan diarahkan," ujar Vandiko Timotius Gultom.


Ditambahkan Kadis PUTR Samosir Rudimanto Limbong bahwa pada tahun 2023, Pembangunan di Desa Ronggur Nihuta terdapat 4 titik pembangunan jalan dan septick tank komunal sebanyak 5 titik dengan total nilai APBD senilai 1,2 M.


Terkait Bunga Desa, Vandiko Gultom mengatakan program ini untuk melihat secara langsung kondisi desa dan masyarakat. 


"Mendengarkan secara langsung keluhan masyarakat dan memberikan solusi. Selain itu, Bunga Desa  untuk  mendekatkan pelayanan sehingga seluruh masyarakat  bisa merasakan kemudahan dan hak yang sama dalam pelayananan," jelas Vandiko Gultom.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir membagikan pupuk organik  kepada seluruh Kelompok tani di Kecamatan Ronggur Nihuta dan dipastikan seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Samosir mendapat bantuan pupuk organik. Bupati Samosir mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan pupuk organik dan mau belajar dan mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik sendiri. 


"Amang dan inang, mari beralih ke pupuk organik,  untuk umur pertanian yang lebih panjang. Mari belajar dan jangan malas" ajaknya.  Kedepan dengan kemampuan masyarakat membuat pupuk organik, Vandiko mengatakan akan membantu pembuatan sertifikasi sehingga dapat dijual dan menambah penghasilan bagi petani.


Dibidang kesehatan, Bupati Samosir tetap mengingatkan masyarakat yang belum tercover  BPJS agar mengurus BPJS gratis bagi yang kurang mampu. Diutarakan, bahwa 99 persen penduduk sudah mendapat BPJS.



(Gb-rijalDM)