Notification

×

Iklan

Iklan

Wakili Vandiko Gultom, Asisten III Pemkab Samosir Salurkan Bantuan Bibit Kopi dan Bawang Merah

9 Okt 2023 | 19:58 WIB Last Updated 2023-10-09T12:58:01Z

 

Wakili Vandiko Gultom, Asisten III Pemkab Samosir Salurkan Bantuan Bibit Kopi dan Bawang Merah



GREENBERITA.com - Bupati Kabupaten Samosir Vandiko Timotius Gultom diwakili Asisten III Pemkab Samosir Waston Simbolon salurkan bantuan bibit kopi dan bawang merah kepada para petani di halaman Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian, Komplek Perkantoran Parbaba, Pangururan pada Senin (9/10/2023).


Penyaluran bibit kopi dan bawang merah ini merupakan kesekian kalinya dilakukan 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian  para kelompok tani. 


Mewakili Bupati Samosir, Asisten III Drs. Waston Simbolon menyampaikan selamat kepada para kelompok tani penerima bantuan seraya berharap agar bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya.


"Mohon jangan sampai diperjual-belikan," ujar Waston Simbolon.


Waston menyampaikan bahwa Pemkab Samosir terus berupaya membuat para petani di Samosir naik kelas. Dengan program Pangula Nature, dan pemberian bantuan-bantuan bibit, pupuk dan lainnya diharapkan kedepan petani di Samosir bisa mandiri.


"Bantuan ini akan tetap dimonitoring melalui Dinas Ketapang dan Pertanian. Saya minta kepada petugas penyuluh yang sudah ditempatkan 1 orang per 2 desa, agar mendampingi petani dalam melaksanakan budidaya  sehingga tercapai peningkatan produktivitas demi kesejahteraan petani kita", kata Waston Simbolon.


Bantuan bibit yang diberikan adalah Bibit Kopi sebanyak 232.000 batang yang merupakan program peningkatan kualitas Sumber Daya Genetis tanaman melalui peremajaan tanaman kopi, dan Bibit Bawang Merah varietas Tajuk sebanyak 4.167 Kg program pengembangan Bawang Merah pada kegiatan peningkatan mutu dan peredaran benih/bibit tanaman yang bersumber dari APBD Samosir TA. 2023.


"Sedangkan kelompok tani penerima bantuan bibit kopi adalah sebanyak 101 kelompok yakni di Kecamatan Pangururan sebanyak 23 kelompok akan mendapatkan bibit 59.000 batang. Kecamatan Simanindo 8  kelompok (15.000 batang), Kecamatan Ronggur Nihuta 3 kelompok (7.000 batang), Kecamatan Harian 4 kelompok (7.500 batang), Kecamatan Sianjur Mulamula 18 kelompok (40.000 batang). Untuk Kecamatan Palipi sebanyak 15 kelompok (36.000 batang), Kecamatan Nainggolan 14 kelompok (30.000 batang), Kecamatan Onan Runggu 13 kelompok (31.000 batang), dan Kecamatan Sitiotio 3 kelompok (6.500 batang)," jelas Waston Simbolon.


Untuk bantuan bibit Bawang Merah varietas Tajuk sebanyak 4.167 Kg, kelompok penerima adalah sebanyak 13 kelompok tani.


Pada tahun ini bantuan bibit bawang merah dititikberatkan pada label ungu yang akan menghasilkan bibit berlabel biru. 


Diperkirakan ada total hampir 20 ton bantuan bawang merah yang semuanya berlabel ungu dengan harapan para petani bawang di Samosir bisa mandiri dari pengadaan bibit.


Para kelompok penerima ini kedepannya juga akan menjadi penangkar bibit bawang merah dan akan dibina oleh kelompok penangkar yang sudah bersertifikat yaitu Poktan Mawar di Simanindo dan Poktan Siriaon di Onan Runggu.


Hadir pada penyerahan bantuan bibit tersebut, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Camat Simanindo Hans Sidabutar, Camat Sianjur Mulamula Sihar Limbong, UPTD BPP Wilayah I dan II, para koordinator penyuluh dan perwakilan kelompok tani penerima bantuan.



(Gb-Ferndt01)