Notification

×

Iklan

Iklan

Hadiri FGD Penyusunan RDTR Wilayah Perencanaan, Wabup Samosir Bicara Pola Pembangunan

17 Okt 2023 | 17:29 WIB Last Updated 2023-10-17T23:16:36Z

Martua Sitanggang Wakil Bupati Samosir hadiri FGD


GREENBERITA.com- Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) 2 Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan (WP), di Hotel Grand Central Premier (GCP) Medan, Jalan Putri Merak Jingga Nomor 3A, Kesawan, Kota Medan, Selasa (17/10/2023) pagi. 


Selain Kabupaten Samosir, juga ada sejumlah daerah yang mengikuti FGD tersebut, yakni Kabupaten Toba, Kabupaten Deli Serdang, dan Pemko Siantar.


Martua Sitanggang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Direktorat Jenderal Tata Ruang atas bantuan teknis penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Kabupaten Samosir.


"Ketika Kabupaten Samosir memiliki RDTR kedepannya, maka pembangunan akan semakin terpola disetiap lokasi peruntukan nya," sebut Martua Sitanggang.


Pada kegiatan FGD ke-2 ini, Martua Sitanggang berharap agar sejumlah masukan dan saran sehingga RDTR ini untuk menunjang pembangunan Kabupaten Samosir dapat sustainable untuk kebaikan masyarakat nya.


"Tentunya dengan adanya RDTR ini, investor akan memiliki kepastian hukum dan wilayah. Dengan kepastian inilah, mereka akan berbuat dan berkontribusi untuk Kabupaten Samosir," terang Martua Sitanggang.


Terpisah, Kasubdit Daya Lingkungan Kementerian ATR/BPN Barkah Yulianto dalam sambutannya menyampaikan, setelah FGD ke-2 ini, masih ada tiga agenda lagi yang akan dilakukan.


Ia menuturkan, setelah acara pembukaan ini nantinya, seluruh peserta akan dibagi kepada desk sesuai daerah masing-masing. 


Barkah mengutarakan, penyusunan RDTR ini berbeda dengan penyusunan sebelumnya karena dibatasi dengan waktu. Untuk itu, ketika RDTR ini telah dibawa ke konsultasi publik, pemerintah telah kompak dan tidak ada lagi perdebatan. 


"Sehingga kami berharap pada FGD ke-2 ini, masing-masing OPD saling memberi masukan," tukasnya. 


Ia juga berharap, RDTR yang disusun ini mendekati sempurna, sehingga tidak ada resistensi yang terjadi. Pada FGD 2, juga akan menyepakati peraturan zonasi dan juga penyepakatan lainnya. 


Kegiatan FGD 2 ini, diawali pembukaan oleh Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I, Drs Pelopor MEngSc. 


Hadir dalam kegiatan pembukaan ini, Ketua DPRD Kota Pematang Siantar diwakili Astronout Nainggolan.


Walikota Siantar dr Susanti Dewayani dan Immanuel Lingga mewakili Ketua DPRD Deli Serdang serta sejumlah pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar, Pemkab Deli Serdang, Pemkab Toba, dan Pemkab Samosir dan usai acara pembukaan, dilanjutkan pembahasan di desk.


(Gb-Rizal04)