Notification

×

Iklan

Iklan

Wow, Ada Polisi Bersihkan Eceng Gondok di Pantai Danau Toba Samosir

22 Sep 2023 | 18:32 WIB Last Updated 2023-09-22T11:32:47Z

 Polisi Bersihkan Eceng Gondok di Pantai Danau Toba Samosir 




GREENBERITA.com - Aksi simpatik dilakukan personil Polres Samosir dengan turun langsung ke Perairan Danau Toba untuk membersihkan Enceng Gondok yang menggangu estetika wisata Samosir.


Kegiatan ini dibenarkan oleh Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman S.Ik, MH yang ikut langsung dalam kegiatan ini.



"Kegiatan pembersihan Enceng Gondok tersebut dilakukan pada Jumat, mulai pukul 09.00 Wib, dibeberapa kecamatan di Kabupaten Samosir dan merupakan persiapan untuk acara olahraga air terbesar di Samosir yaitu Event Aqua Bike Championship yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 24 November 2023 di Kabupaten Samosir," ujar AKBP Yogie Hardiman.


Dengan menggunakan alat seadanya, pembersihan eceng gondok ini dilaksanakan oleh aparat kepolisian dari Polres Samosir, Polsek Jajaran, Koramil, serta pihak-pihak terkait seperti Pemkab Samosir, Kecamatan, Desa dan Kelurahan di sekitar Danau Toba Wilayah Hukum Polres Samosir.


Adapun Lokasi pembersihan eceng gondok pelaksanaan hari ini 22 September 2023 tersebar di beberapa titik strategis, termasuk Water Fron City untuk Pantai Kecamatan Pangururan, Pantai Desa Ambarita untuk Kecamatan Simanindo, Pantai Desa Sipinggan Lumbansiantar untuk Kecamatan Nainggolan, dan Pantai Desa Turpuk Limbong untuk Kecamatan Harian. Panta Desa Palipi dan Desa Pallombuan Kec Palipi dalam pembersihan Eceng Gondok.


Kegiatan pembersihan ini berjalan dengan lancar dan selesai sekira pukul 12.00 WIB. 


Terpisah, Kasat Samapta Polres Samosir AKP Tito Juardi memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan pembersihan tersebut .


 "Kegiatan ini kami lakukan untuk mendukung suksesnya Event Aqua Bike Championship di Danau Toba, terutama di wilayah hukum Polres Samosir. Ini adalah kerja sama antara Polres Samosir, Pemkab Samosir, Koramil, serta pemerintahan kecamatan dan desa. Kami akan melanjutkan kegiatan pembersihan setiap Jumat dan direncanakan hari jumat minggu depan kami akan menggunakan kapal dan alat berat karena sebagian eceng gondok sulit diangkat ke darat dan berada di tengah danau akibat perpindahan posisi yang disebabkan oleh angin kencang," ujarnya.


Ditambahkan AKP Tito, dimungkinkan lokasi yang sudah dibersihkan ini akan dipadati eceng gondok kembali dengan l situasi angin lumayan kencang mengarah ke pulau Samosir yang mendorong tumbuhan Eceng Gondok dari arah pulau Sumatera.


"Saat ini Eceng Gondok sudah banyak berada didaerah pertengahan danau Toba yang mengarah ke daratan pulau Samosir," tutup AKP Tito Juardi.


Semua pihak berharap upaya ini berkontribusi positif guna menjaga keindahan Danau Toba yang menjadi destinasi wisata dunia di Sumatera Utara.


(Gb-Ferndt01)